Apa itu Reiki

Reiki merupakan salah satu teknik penyembuhan dengan menggunakan energi, dari sekian banyak teknik yang ada dan bukan merupakan suatu agama atau pun bagian dari suatu agama. Teknik penyembuhan Reiki merupakan teknik origin atau asal dari Master Usui dan tidak ada yang menyamainya di mana pun juga, seperti yang tercantum dalam manual yang diberikan kepada muridnya, meskipun ada yang menganggap Reiki berasal dari Tibet dan ditemukan kembali oleh Master Usui.


Dr Mikao Usui

Kelebihan-Kelebihan Reiki

Reiki memiliki beberapa kelebihan dibandingkan teknik penyembuhan yang lain, diantaranya:

mudah dipelajari, memerlukan pengetahuan yang minimum

mudah dilatih,tidak memerlukan latihan fisik yang memenatkan

getarannya lebih halus,lebih efektif untuk penyembuhan

mengalir terus kepada masalah atau penyakit

tidak akan habis dan mengalir sesuai keperluan

menyembuhkan masalah fisik,emosi, mental dan spiritual

mudah didapatkan,hanya dengan attunement sekitar 20 menit

dapat digunakan untuk perlindungan dan materialisasi

kemampuan bersifat permanen, tidak ada pantangan, asal tidak menggunakan Reiki untuk tujuan negatif

penyembuhan dapat di lakukan dari jarak jauh

energi negatif pesakit tidak menular ke penyembuh

energi penyembuh tidak berkurang

dapat dilakukan penyembuhan berkelompok.


Manfaat Reiki

Reiki memiliki beberapa manfaat diantaranya:

memyembuhkan penyakit medis dan non medis

membantu proses Kundalini

membersihkan dan mengaktifkan cakra

menjaga tubuh tetap sehat

menghilangkan stress

memanjang umur sel tubuh dan menghaluskan kulit

memberikan lebih banyak energi serta meningkatkan getaran energi tubuh

meningkatkan spiritualitas

melindungi dari energi negatif.


Lima Prinsip Hidup Reiki

Prinsip hidup merupakan hati atau inti dari Reiki. Berasal dari puisi Kaisar Meiji yang diadaptasi oleh Master Usui ke dalam Reiki. Sebaiknya diucapkan pada pagi dan malam hari, dengan tangan dalam posisi gasho didepan dada (kedua telapak tangan disatukan).

Demimu tuhan,untuk hari ini:

1.ku padamkan marah

2.ku padamkan khawatir/gundah

3.ku bersyukur redoh dan pasrah

4.ku terus jujur dalam urusanku

5.ku terus berbuat baik kepada semua makhluk

Berguna untuk mentransformasi pikiran, sehingga lebih fokus, tenang sabar tidak cepat marah dan tetap dapat mengawal diri.


Etika dalam Reiki

tidak menjanjikan kesembuhan

mendapatkan izin untuk menyalurkan Reiki baik langsung maupun jarak jauh

tidak memanfaatkan keadaan atau situasi

memberikan keterangan ringkas tentang Reiki

tidak melakukan diagnosa, bila tidak faham benar tentang diagnosa

menjaga kerahsiaan informasi mengenai pesakit

Attunement


Merupakan proses pembukaan jalur dan cakra serta penyesuaian getaran murid dengan energi Reiki. Sehingga setelah attunement dapat dengan mudah mengakses energi Reiki, hanya dengan niat saja.

Dulu attunement ini disebut empowerment (reiju) dan dilakukan tanpa simbol. Untuk attunement ini banyak yang melakukan persiapan khusus, seperti penggunaan aromaterapi, mengatur cahaya bilik, menggunakan muzik yang lembut, menyalakan lilin dan yang lainnya. Tapi menurut saya yang terbaik adalah kesederhanaan, yaitu tanpa melakukan hal di atas, attunement tetap dapat berjalan dengan baik.

Waktu yang dibutuhkan sekitar 20 – 30 menit, biasanya attunement tingkat master membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada tingkat lainnya. Attunement biasanya dilakukan tiga kali untuk tiga tingkat, tapi bisa juga dilakukan re-attunement untuk tiap tingkat.

Tingkatan dalam Reiki

Reiki aslinya terdiri dari tiga tingkatan yaitu tingkat I, tingkat II, dimana murid mendapatkan hak atas simbol dan tingkat advance. Sekarang ada yang menambahkan menjadi master, dengan menambahkan tingkat advance atau tingkat master. Dalam tingkat advance murid mendapatkan attunement master tapi tidak diberi hak untuk mengajar dan tidak diberikan pengetahuan untuk memberikan attunement.

Waktu yang diperlukan antara satu-satu Tingkat (level)
Banyak pendapat mengenai hal ini, ada yang menyebutkan waktu antara tingkat bergantung situasi dan kesediaan (dana, mental) murid. Ada juga yang menyebutkan dari tingkat I ke tingkat II, harus menunggu selama minima 21 hari.

Ada juga yang mengajarkan Reiki tingkat I dan II sekaligus atau pun mengajarkan langsung sampai tingkat Master, mungkin dengan pemikiran Master Usui juga langsung mencapai tingkat master.

Tidak ada yang salah diantara kesemuanya, yang menunggu lama atau pun langsung mendapatkan tingkat master, mungkin itulah yang terbaik bagi orang tersebut.

Menyalurkan Reiki

Yang diperlukan dalam menyalurkan Reiki adalah niat awal untuk menyalurkan, begitu meletakan tangan ke bagian yang dituju, santai dan pasrah, jangan melakukan usaha apa pun atau berusaha menyembuhkan. Nikmati saja sensasi yang dirasakan dan kalau boleh masuki tahap meditasi. Sebaiknya saat menyalurkan Reiki tidak berkata2, bila ada hal yang akan ditanyakan kepada pasien dapat ditanyakan sebelum atau pun sesudah sesi penyembuhan.


Posisi Tangan

Master Usui memiliki 5 posisi tangan, yaitu dahi, sisi kepala, kepala belakang atas, kepala belakang bawah (dekat leher) dan kepala bagian atas, kemudian dilanjutkan dengan scanning. Dr. Hayashi memiliki 7 posisi tangan, tapi dalam penyembuhan berkelompok menggunakan 12 posisi tangan. Posisi inilah yang diajarkannya di Barat. Ada yang lebih menyukai 7 posisi tangan (traditional Japanese Reiki), yaitu dahi, pipi, kepala belakang, sudut dada atas, pinggang depan, punggung atas, dan pinggang belakang.

Penyembuhan Sendiri (Self Healing)

Untuk penyembuhan sendiri caranya sama seperti penyembuhan untuk pesakit, untuk afirmasi hanya mengganti kata “pesakit” menjadi “saya”, dan tidak perlu buka tutup aura.

Salasilah Reiki (Linearage)

Salasilah menunjukkan garis pengajaran yang dimiliki oleh seorang praktisi. Misalnya yang umum berawal dari Mikao Usui, Dr. Chujiro Hayashi, Hawayo Takata kemudian ke 22 murid Ny. Takata dan seterusnya.

Ada juga salasilah yang tidak berasal dari Master Hawayo Takata, seperti praktisi Reiki di Jepun, atau pun berasal dari murid Dr.Hayashi yang lain.


Pernyataan yang Sering Didengar dan Ditemui

Aliran saya lebih bagus dari Anda.

Anda belajar dari Master Reiki yang tidak benar.

Reiki Anda tidak baik karena didapatkan dengan percuma.

Reiki saya lebih tinggi getarannya atu vibrasi energinya.

Salasilah saya lebih pendek.

Anda belajar terlalu cepat sehingga kurang mantap.

Kata-kata tersebut sering terdengar, diperbagai media, baik secara langsung maupun tidak. Bila menemukan hal tersebut di atas yang terbaik adalah kembali ke lima prinsip hidup reiki yaitu: berbuat baik kepada seluruh mahkluk hidup.

0 comments:

Post a Comment

Followers

CHIT CHAT